- Pesanlah kamar terlebih dulu melalui travel agent.
Karena anda bisa mendapatkan hotel sesuai kebutuhan anda
baik berdasarkan lokasi, harga, pelayanan, kenyamanan, dll.
- Reservasi
Meskipun saat ini lebih tren pemesanan secara online tetapi tetap di sarankan untuk
memesan melalui travel agent. Jika anda memilih langsung memesan ke hotel,
maka akan ada biaya tambahan untuk menelepon hotel tersebut.
- Begitu kamar tersedia buatlah salinan konfirmasi dari reservasi yang menyatakan
dengan jelas informasi mengenai hotel dan tanggal check-in , check-out.
Dan bawalah saat anda akan check-in.
- Keterlambatan
Kebanyakan hotel akan menahan reservasi sampai jam 6 sore.
Apabila anda aka tiba lebih malam maka sebaiknya anda menelepon hotel,
mintalah agar pihak hotel menaha reservasi sampai anda datang dan
menjamin bahwa anda pasti check-in.
Dengan jaminan ini maka kamar akan tetap tersedia untuk anda.
- Tidak ada kamar
Kalau anda tidak mendapatkan kamar karena over-booking atau kesalahan
dalam reservasi, jangan panik dan tetaplah tenang.
Biasanya hotel akan ikut membantu mencarikan anda kamar dengan
tawaran menginap di hotel lain yang masih berdekatan lokasinya.
Dan pastikan anda mendapat kamar dengan kualitas yang sama dengan hotel
sebelumnya dan tidak dikenakan biaya tambahan apapun.
Hotel juga harus menyediakan transportasi ke sana.
- Keamanan
Keamanan merupakan hal prioritas bagi anda dan pihak hotel.
Tetapalah berhati-hati dan selalu waspada.
Jika anda membawa mobil sebaiknya parkir di daerah yang terang dan
dekat jalan masuk ke kamar anda.
Kunci semua pintu dan simpan barang berharga dengan baik.
- Saat di resepsionis, mintalah agar menuliskan nomor kamar sehingga
tidak ada orang lain yang mendengarnya, dan segera simpan kunci kamar
tersebut jika ada nomor kamar tercetak di atasnya.
Begitu anda sampai di kamar, kumci pintu dengan kunci dan chain lock
dan cari tahu penjelasan tentang pintu daurat.
Jangan buka pintu untuk siapapun meskipun anda sedang menunggu seorang teman.
- Check out
Selesai menginap periksa kamar secara menyeluruh termasuk laci-laci,
kamar mandi, dll untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal.
- Tip
Setiap kota / negara memiliki budaya atau kebiasaan tentang pemberian tip.
Besarnya kisaran Rp 10.000 - Rp 20.000, angka ini menjadi besar
jika doorman menghentikan taksi untuk anda dalam cuaca buruk.
Yang perlu di beri tip adalah doorman, petugas housekeeping, room service,
porter dan petugas penitipan.
Selamat berliburan. Semoga menyenangkan...